Kompetensi dan Profil Lulusan

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI D3 PERHOTELAN

 (1) Room Division, meliputi :
      a. Front Office Mampu menguasai, mengimplementasikan dan menerapkan prinsip-prinsip kerja
          secara menyeluruh pada bagian Front Office sehingga tercipta komunikasi yang efektif.
      b. Housekeeping Mampu mengimplementasikan dan mengelola prinsipprinsip serta prosedur
          pelayanan Housekeeping secara menyeluruh dan bertanggung jawab sehingga tercipta
          komunikasi yang efektif.
 (2) Food and Beverage meliputi:
      a. Kitchen Mampu mengimplementasikan, mengelola dan mengolah bahan baku makanan serta  
          melaksanakan prinsip-prinsip dan prosedur kerja Food Production (Kitchen) sehingga tercipta
          keselamatan dan keamanan kerja.
      b. Restaurant Mampu mengimplementasikan, melayani dan menerapkan prinsip-prinsip dan
          prosedur kerja pada Food and Beverage secara menyeluruh, sehingga tercipta keselamatan dan
          keamanan kerja serta komunikasi yang efektif.

KOMPETENSI PROGRAM STUDI D3 PERHOTELAN

 (1) Kompetensi Utama :
     a. Mampu mengimplementasikan bidang kerja reservasi dan resepsionis secara profesional.
     b. Mampu mengelola catatan, memproses transaksi keuangan dan audit dengan jujur dan teliti.
     c. Mampu mengetahui dan menerapkan prinsip klerikal dan resepsi klub.
     d. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan menggunakan media yang tersedia.
     e. Mampu mengimplementasikan prinsip dan prosedur jasa porter.
     f. Mampu mengimplementasikan prinsip dan prosedur kerja akomodasi secara menyeluruh.
     g. Mampu bertanggung jawab menyediakan jasa housekeeping dan penyiapan kamar tamu.
     h. Mampu mengimplementasikan pekerjaan membersihkan lokasi/area dan peralatan.
     i. Mampu mengimplementasikan pekerjaan linen dan pakaian tamu; j. Mampu mengelola jasa
        valet secara bertanggung jawab.
     k. Mampu memahami pelayanan Laundry dan Dry Cleaning secara bertanggung jawab.
     l. Mampu menjelaskan bahan baku makanan; m.Mampu memahami pengolahan bahan makanan
        secara baik.
     n. Mampu memahami pengelolaan dalam penyajian makanan dengan baik.
     o. Mampu mengimplementasikan prosedur keselamatan makanan.
     p. Mampu memahami pengolahan patiseri secara profesional.
     q. Mampu memahami dan mengimplementasikan prosedur K3.
     r. Mampu mengimplementasikan prosedur pelayanan makanan dan minuman.
     s. Mampu mengimplementasikan layanan minuman beralkohol secara bertanggung jawab.
 (2) Kompetensi Pendukung :
      a. Mampu bekerja dan memiliki ketahanan pekerjaan.
      b. Mampu bekerja sendiri maupun dalam tim.
      c. Memiliki nilai-nilai Understanding Leadership, Need for Archievement, Integrity, Service
          Excellent, Building Team Work, Adaptability, Networking Communication, Knowledge of
          Problem Solving.
      d. Mampu memahami cara berkomunikasi dengan baik.
      e. Mampu mengetahui dan mengaktualisasikan potensi diri.
      f. Mampu menjelaskan dan memecahkan masalah dengan baik.
      g. Mampu menerapkan jiwa kepemimpinan yang baik.
      h. Mempunyai integritas tinggi, kreatif dan inovatif.
       i. Mampu memahami instruksi serta memiliki inisiatif kerja.
       j. Mampu bekerja dengan berbagai macam tugas maupun kegiatan dengan skala prioritas.
 (3) Kompetensi Lain-Lain
         Mampu dan terampil dalam berwirausaha serta mempunyai inisiatif mengembangkan diri sesuai
         perkembangan teknologi terkini.