Menangkap Prospek MICE Industry melalui pembelajaran Manajemen Konvensi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Mahasiswa Diploma Tiga Perhotelan Unisbank diharapkan memiliki kompetensi unggul di bidang Hospitality Industry. Salah satu kompetensi yang didapatkan adalah tentang Manajemen Konvensi yang didalamnya mencakup kompetensi di bidang perencanaan dan penyelenggaraan MICE dan Event Management. Tahun ini mahasiswa D3 Perhotelan angkatan 2018 menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam bentuk seminar secara virtual mengingat sedang dalam masa Pandemi Covid 19, sehingga trend kegiatan-kegiatan Workshop, Seminar ataupun Pelatihan dilakukan secara virtual atau daring.

Kegiatan pertama diadakan pada tanggal 1  Juni 2020, berupa Seminar Online dengan mengangkat tema “Industri Pariwisata (Perhotelan) Menghadapi Era New Normal Life dengan pembicara-pembicara antara lain : Ibu Urania Heptanti, HR Manager Chanti Hotel Semarang, Bapak Bimo Setyawan, Ex GM Le Grande Uluwatu Bali yang  juga dosen Perhotelan Unisbank dan Bapak Arief Maulana, Head Pastry Chef Beau Bakery Jakarta. Yang di moderator Bapak Azis Nur Rosyid, Dosen Perhotelan Unisbank.

Kegiatan Kedua juga masih dalam bentuk seminar online dengan tema yang juga kekinian yaitu “Protokol Kesehatan di Dunia Perhotelan”, kegiatan ini dilaksanakan tanggal 6 Juni 2020, yang di support oleh Hotel Tentrem Semarang.  Hadir sebagai narasumber : Bapak Christophorus  Julianto, General Manager Hotel Tentrem Semarang, Bapak Abdul Salam, Front Office Manager Hotel Grand Edge Semarang dan Bapak Pitra Jati Rinanto, Executive Housekeeper Kyriad Hotel Cepu yang juga Alumni D3 Perhotelan Unisbank, Seminar online ini di Moderator oleh Sdri Siti Nurjanah, mahasiswa D3 Perhotelan angk.2018. Kegiatan ini sangat menarik karena membahas issue yang berkaitan dengan kesiapan dunia perhotelan menghadapi era New Normal yang mengedepankan issue Kesehatan, Keamanan, dan Kebersihan.

Kegiatan ketiga mengambil topik yang sedikit berbeda yang berkaitan dengan kewirausahaan. Kegiatan ini mengambil judul Seminar Kewirausahaan “ Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Menjadi Kreatif, Inovatif dan Mandiri. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 9 Juni 2020, dengan narasumber Bapak Fatkhul Amin, Dosen Tehnik Informatika dan Penulis Buku Erlangga yang juga pelaku wirausaha, Saudari Dina Meiska, Ketua Umum HIPMI PT Unisbank 2019-2020, dan saudara Fajar Kuncoro Aji, Wakil ketua umum bidang kewirausahaan HIPMI PT 2019-2020 dengan Moderator saudari Siva Ayu Maharani PH2018.

Kegiatan Seminar online sangat diminati di masa Pandemi Covid 19 dimana ada pembatasan aktivitas pertemuan, sehingga kegiatan seminar bisa diselenggarakan secara online dengan memanfaatkan beberapa platform yang ada. Dalam Mata Kuliah ini mahasiswa diminta untuk merencanakan mulai dari berbentuk proposal, pelaksanaan dan pelaporan kegiatan sehingga mereka diharapkan akan terbiasa dalam mengorganisasikan dan melaksanakan suatu kegiatan baik yang berskala local maupun international. (ABMukti76)